Final Piala AFF 2016 Leg 1: Indonesia (2-1) Thailand

Posted By Mas Poer at Wednesday, 14 December 2016 | 07:39:00


Sepakbolaku.com,- Timnas indonesia berhasil mengandaskan perlawanan thailand pada leg pertama final piala AFF 2016 dengan skor 2-1, dengan kemenangan ini akan sedikit mengurangi beban timnas indonesia pada leg kedua nanti yang akan berlangsung di kandang thailand.

Dengan hasil tersebut akan menjadi modal yang berharga untuk leg kedua nanti di Stadion Rajamangala, Bangkok pada sabtu 17 Desember 2016. Pasukan Alfred Riedl hanya membutuhkan hasil imbang untuk meraih Trofi Piala AFF Suzuki Cup 2016.

Pada laga tersebut kedua tim bermain cukup impresif sejak pertandingan dimulai, kedua tim sama-sama bermain dengan tempo yang tinggi karena melihat kemenangan di leg pertama akan mempermudah bermain pada leg kedua. Kedua tim sempat berhati-hati sejak awal babak pertama, namun peluang emas baru tercipta ada menit ke-9, lewat blunder yang disebabkan oleh rizky.

Berawal dari operan back pass rizky pora yang terlalu lemah yang langsung bisa di jangka oleh Chanathip Songkrasin, pemain thailand tersebut lantas langsung menendang bola ke arah gawang kurnia meiga. Beruntung, tendangannya masih menyamping sisi kanan gawang dari kurnia meiga.

Tujuh menit berselang, timnas thailand kembali mengancam gawang indonesia, lewat serangan dari sisi kanan pertahanan indonesia pemain thailand lantas mengirimkan umpan sundulan ke kotak pinalti, Sarawut yang berada disana langsung menendang bola ke arah gawang. Indonesia masih beruntung karena tendangannya masih melambung.

Pada menit ke-19 Indonesia kehilangan Andik Vermansyah karena harus ditarik keluar akibat mengalami cedera Hamstring, dan harus digantikan oleh Zulham Zamrun. Dengan keluarya sosok Andik membuat permainan indonesia kurang berjalan, beberapa kali indonesia mengalami tekanan dari timnas thailand.

Setelah indonesia beberapa kali di tekan, akhirnya timnas thailand berhasil unggul 1-0 pada menit ke-33 lewat penyerangan dari sisi kanan pertahanan indonesia. Theerathon Bunmathan yang menyerang pertahanan indonesia di sisi kanan lantas menirimkan umpan silang ke jantung pertahan indonesia, Teerasil Dangda yang berdiri tanpa pengawalan berhasil menyundul bola masuk ke sisi kiri dari gawang kurnia meiga. Selepas gol ini indonesia masih berada dalam tekanan namun beberapa kali juga melakukan serangan balik. Akan tetapi hinhha turun minum skor 1-0 masih bertahan.

Selepas turun minum timnas indonesia masih mencoba mengimbangi permainan dari thailand yang masih bermain cukup baik, namun peluang yang cukup membahayakan baru hadir pada menit ke-61 oleh timnas thailand, berawal dari skema serangan balik 2 pemain thailand yaitu sarawut dan Teerasil dangda. teerasil yang mengirimkan umpan ke kotak pinalti sebelum dihadang oleh Abduh lestaluhu berhasil diterima oleh serawut yang langsung menendang bola ke arah gawang, beruntung kurnia meiga yang sigap berhasil menghalau tendangan dari serawut.

Empat menit berselang kembali indonesia yang mendapatkan peluang yang berujung gol penyama, melalui Rizky Pora, Bola hasil tembakan rizky pora tidak mampu dijangkau oleh Kawin Thamsatchanan, yang akhirnya berujung GOL penyama keadaan. Selepas Gol ini timnas indonesia bisa mengimbangi permainan timnas thailand yang sebelumnya sangat mendiminasi.

Alhasil timnas indonesia berhasil membalikan keadaan mejadi 2-1 lewat Hansamu Yama, kembali Rizky pora menjadi motor serangan dari timnas indonesia yang berhasil melakukan tugasnya menjadi algojo tendangan pojok yang kemudian diteruskan oleh sundulan Hansamu Yama yang tidak mampu dijangkau oleh kiper dari thailand, alhasil bola mulus masuk ke gawang dari thailand.

Selepas gol ini Alfred Riedl kembali memasukkan ferdinand sinaga menggantikan Boaz Solossa, walaupun begitu pergantian tersebut tidak banyak menghasilkan peluang, begitu juga bagi thailand yang hanya beberapa kali menghasilkan peluang namun tidak membuahkan gol. dan hingga wasit asal jepang meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skoe masih 2-1 untuk kemenangan indonesia. Dengan hasil ini akan menjadi bekal yang menguntungkan bagi indonesia pada leg kedua nanti yang akan diadakan di kandang thialand.

Susunan Pemain Kedua TIM

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 2-Beny Wahyudi (12-Lerby Eliandy 70'), 3-Abduh Lestaluhu, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana, 14-Rizky Pora, 8-Stefano Lilipaly, 21-Andik Vermansah (10-Zulham Zamrun 20'), 7-Boaz Solossa (9-Ferdinan Sinaga 78')

Thailand: 1-Kawin Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 15-Koravit Namwiset, 19-Tristan Do, 4-Kroekrit Thaweekarn (2-Peerapat Notchaiya 69'), 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 21-Pokklaw Anan (7-Charyl Chappuis 80'), 14-Sarawut Masuk (9-Siroch Chatthong 73'), 10-Teerasil Dangda

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Blog, Updated at: 07:39:00

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.